Apa itu Ketosis?

Februari 14, 2019

Apa itu Ketosis?

Apa itu Ketosis?
Apa itu Ketosis?

 


Saat ini, semakin banyak orang yang melakukan diet ketogenik untuk mendapatkan tubuh mereka menjadi ketosis. Masuk ke ketosis telah menjadi tren yang semakin populer, karena disarankan untuk memiliki beberapa manfaat kesehatan berdasarkan informasi dari banyak penelitian. Meskipun ada sejumlah penelitian di luar sana, penelitian yang menilai efek ketosis pada kesehatan sedang berlangsung. Dengan itu, ketosis secara luas dibandingkan dengan kondisi lain yang disebut ketoasidosis. Lanjutkan membaca tentang apa itu ketosis, penyebab kondisi, efek sampingnya, dan perbedaan antara ketosis dan ketoasidosis.

Apa Ketosis Itu?

Ketosis adalah keadaan di mana tubuh membakar lemak untuk energi alih-alih glukosa. Keadaan ini terjadi sebagai akibat dari mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah rendah. Banyak sumber menyarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari lima puluh gram karbohidrat bersih per hari untuk memasuki ketosis. Biasanya, tubuh mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Glukosa kemudian ditransfer ke aliran darah bersama dengan insulin, hormon yang dikeluarkan oleh pankreas. Insulin adalah apa yang memungkinkan glukosa untuk diserap ke dalam sel dan digunakan untuk energi. Insulin juga penting untuk membantu tubuh menyimpan glukosa untuk digunakan di masa depan.

Sebagai hasil dari tubuh menggunakan lemak untuk energi, hati melepaskan zat yang disebut tubuh keton ke dalam aliran darah. Tiga jenis badan keton yang diketahui terdiri dari aseton, asetoasetat, dan beta-hidroksibutirat.

Penyebab Ketosis

Selain diet rendah karbohidrat, beberapa penyebab ketosis lainnya telah diidentifikasi. Kelaparan, misalnya, menyebabkan tubuh membakar lemak yang tersimpan, dan dengan demikian, itu dapat menyebabkan peningkatan produksi tubuh keton. Beberapa peneliti percaya memiliki diabetes dapat meningkatkan risiko seseorang untuk kondisi itu juga. Hal ini disebabkan oleh korelasi yang diselidiki secara luas antara diabetes dan sensitivitas insulin yang rendah, atau dikenal sebagai resistensi insulin. Resistensi insulin berarti sel-sel tubuh tidak akan menyerap hormon, dan sebagai hasilnya, glukosa tetap berada dalam aliran darah.

Faktor lain yang dianggap sebagai penyebab ketosis adalah konsumsi alkohol yang berlebihan, karena dikaitkan dengan penurunan sensitivitas insulin juga. Juga dilaporkan konsumsi alkohol berlebihan mengurangi sekresi insulin dari pankreas. Namun, ada beberapa detail pada teori ini. Tautan ke ketosis lebih jauh didukung oleh efek alkohol pada nafsu makan seseorang. Sebagai contoh, banyak orang yang menderita kecanduan alkohol cenderung makan sangat sedikit.

Ketika Ketosis Sehat

Berdasarkan sejumlah penelitian, keadaan ketosis dapat bermanfaat bagi individu yang mengalami obesitas. Sebuah tinjauan dari tahun 2013 mengungkapkan tiga belas penelitian menunjukkan hasil yang signifikan dengan peserta melakukan diet rendah karbohidrat atau ketogenik. Para peserta dikatakan telah melihat peningkatan berat badan mereka bersama dengan tekanan darah diastolik dan trigliserida, sumber utama lemak yang digunakan oleh tubuh.

Penelitian lebih lanjut menunjukkan ketosis dapat bermanfaat bagi pasien diabetes juga. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2007, peserta obesitas dengan glukosa darah tinggi mengalami penurunan besar selama lima puluh enam minggu. Selain itu, berat badan dengan kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah (jenis buruk) dan trigliserida berkurang. Ketosis juga diyakini dapat membantu melawan kondisi kardiovaskular seperti penyakit jantung. Meskipun penelitian menunjukkan ini mungkin masalahnya, tautannya belum diverifikasi sepenuhnya.

Pada akhirnya, masuk ke ketosis bisa menjadi sehat asalkan individu cerdas dan mengikuti pedoman yang sesuai.

Efek Samping Ketosis

Ada beberapa efek samping ketosis, sering disebut sebagai ketogenik flu. Namun, efek samping biasanya hanya berlangsung dalam waktu singkat.

Efek samping dapat bervariasi tergantung pada individu. Saat pertama kali mengalami ketosis, biasanya mengalami kelelahan dan sakit kepala. Beberapa orang melaporkan merasa gemetar atau lebih lelah dari biasanya. Sudah pasti bagi individu untuk mengembangkan aroma buah pada napas mereka juga. Seperti yang diharapkan, individu mungkin mengidam makanan yang mengandung gula dan karbohidrat dalam jumlah tinggi. Palpitasi jantung juga diketahui terjadi selama transisi tubuh ke ketosis. Efek tambahan dari ketosis mungkin termasuk kram otot, mual, kebingungan, gula darah rendah, sembelit, lekas marah, dan gelisah.

Gejala sering disebabkan oleh penurunan elektrolit seperti magnesium, natrium, dan kalium. Karena itu, penting untuk mendapatkan jumlah yang tepat dari mineral-mineral ini. Beberapa sumber utama magnesium dan kalium yang sesuai untuk diet ketogenik adalah alpukat, jamur, dan bayam. Orang-orang yang melakukan diet ketogenik dapat menambahkan makanan seperti telur, salmon, dan bahkan bacon untuk mendapatkan lebih banyak natrium.

Perbedaan Antara Ketosis Dan Ketoasidosis

Gejala ketosis dan ketoasidosis serupa, meskipun mereka sangat berbeda dalam hal pemicu serta efek pada kesehatan individu. Secara umum, ketosis dianggap aman. Berlawanan dengan ini, ketoasidosis adalah kondisi yang sangat serius yang melibatkan kadar keton yang sangat tinggi dalam aliran darah, yang dapat menyebabkan kematian jika tidak dikelola dengan baik. Hal lain adalah ketoasidosis terjadi pada individu yang menderita diabetes atau didiagnosis dengan kondisi infeksi seperti sepsis dan pneumonia.

Infeksi pada urin dan saluran pernapasan dianggap sebagai pemicu utama pada pasien ketoasidosis diabetikum untuk penelitian terbaru. Pemicu lain yang diidentifikasi termasuk kehamilan dan stres. Beberapa kondisi non-infeksi juga disebut sebagai pemicu ketoasidosis, termasuk hipovolemia, pankreatitis, dan trombosis arteri. Selain itu, ketoasidosis diduga dipicu oleh penyalahgunaan beberapa obat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
nadavocanas
AUTHOR
9 November 2022 pukul 03.59 delete

Some slot machines have lots of thrilling bells and whistles may be} fun to play. So suppose again to the targets you set earlier than making your choice earlier than you determine. She did not need academic analysis to gauge this latter pattern. 88 Fortunes® is the right slot experience for players to check their luck. Featuring 10 Free Games that may be} endlessly re-triggered, 88 Fortunes options the “All Up” game style, which gives players the possibility to buy gold symbols to extend their successful alternatives. In current years, slot machine designers have labored carefully with video game architects have the ability to} bring a number of the} visual appeal found in digital 카지노사이트 gaming to the gambling enviornment.

Reply
avatar