Tips Sederhana Untuk Mengobati gatal-gatal

Februari 14, 2019

Tips Sederhana Untuk Mengobati gatal-gatal

Tips Sederhana Untuk Mengobati gatal-gatal
Tips Sederhana Untuk Mengobati gatal-gatal

 


Secara resmi dikenal sebagai urtikaria, gatal-gatal adalah kondisi kulit yang menyebabkan benjolan merah kecil, gatal terbentuk. Reaksi alergi terhadap obat-obatan atau makanan dapat menyebabkan gatal-gatal, dan gigitan serangga adalah pemicu umum lainnya. Penyebab hive yang kurang umum adalah masuk angin dan infeksi lainnya, penyakit tiroid, dan paparan sinar matahari. Kadang-kadang, olahraga yang intens dapat menyebabkan pembentukan gatal-gatal. Urtikaria dapat menyerang individu dari segala usia, dan sarang biasanya terbentuk dalam beberapa menit setelah mengalami pemicu. Namun, beberapa orang mungkin melihat gatal-gatal terbentuk dua hingga tiga jam setelah paparan. Kebanyakan kasus umumnya sembuh dalam waktu enam minggu, dan kadang-kadang gatal-gatal bahkan dapat diselesaikan hanya dalam satu hari. Hive yang tidak hilang dalam waktu enam minggu dianggap kronis dan mungkin memerlukan perawatan spesialis. Perawatan yang dijelaskan di bawah ini dapat membantu meringankan gejala dan mengatasi urtikaria.

Obat Anti Gatal


Antihistamin adalah jenis umum dari obat anti-gatal. Obat-obatan anti-gatal ini biasanya merupakan pengobatan lini pertama untuk kasus gatal-gatal ringan atau sedang. Antihistamin, termasuk loratadine, fexofenadine, cetirizine, dan diphenhydramine, tersedia secara luas di apotek di apotek. Untuk kasus yang tidak merespons obat-obatan ini, versi yang lebih kuat dapat diperoleh dari dokter. Antihistamin lain yang digunakan untuk gatal-gatal termasuk levocabastine, desloratadine, dan hydroxyzine.

Umumnya, antihistamin harus diminum setiap hari untuk mengurangi gejala. Mengantuk adalah efek samping antihistamin yang paling umum, dan beberapa pasien mungkin juga mengalami pusing, mulut kering, atau mual. Antihistamin membantu menghentikan pembentukan gatal-gatal dan dapat digunakan baik untuk kondisi akut maupun kronis. Jika antihistamin tidak bermanfaat, prednison dan kortikosteroid lain juga dapat digunakan untuk menghilangkan rasa gatal. Obat-obatan ini hanya tersedia melalui dokter, dan mereka hanya dapat digunakan untuk waktu singkat karena efek samping seperti tekanan darah tinggi dan kenaikan berat badan.

Obat Antiinflamasi

Obat antiinflamasi dapat membantu pasien yang menderita gatal-gatal yang tidak sembuh dengan antihistamin. Salah satu obat antiinflamasi yang paling sering direkomendasikan untuk pasien ini adalah dapson, antibiotik yang mengurangi pembengkakan dan kemerahan. Obat ini digunakan secara oral atau sebagai krim yang dioleskan ke kulit. Efek samping dari dapson termasuk mual, kehilangan nafsu makan, sensasi dering di telinga, sakit kepala, pandangan buram, dan sulit tidur. Jarang, obat ini dapat menyebabkan nyeri dada, kelemahan otot, dan fluktuasi suasana hati, dan dengan demikian, efek samping ini harus dilaporkan ke dokter. Dapson dapat menyebabkan perubahan pada beberapa penanda darah, dan banyak dokter akan ingin memantau pasien dengan tes darah setiap dua minggu untuk fase pertama perawatan. Obat lain yang dikenal sebagai antagonis leukotrien (atau pengubah) juga memerangi peradangan. Obat-obatan ini biasanya digunakan untuk pasien asma dan menghentikan tubuh dari melepaskan leukotriene, suatu zat yang membatasi aliran udara untuk penderita asma dan menyebabkan peradangan di seluruh tubuh. Zafirlukast dan montelukast adalah dua antagonis leukotrien yang paling banyak digunakan, dan mereka biasanya digunakan bersama dengan antihistamin. Obat-obatan ini dapat menyebabkan sakit kepala, sulit tidur, mudah marah, mual, dan muntah.

Imunosupresan

Dokter merekomendasikan imunosupresan untuk pasien yang tidak menanggapi obat lain. Sementara kebanyakan kasus hive tidak membutuhkannya, imunosupresan dapat sangat membantu bagi pasien yang memiliki bentuk hive yang langka yang dikenal sebagai urtikaria idiopatik kronis. Dengan kondisi ini, gatal-gatal dapat hadir selama dua hingga tiga tahun tanpa bantuan, dan tidak ada pemicu spesifik yang dapat diidentifikasi. Saat ini, obat penekan kekebalan omalizumab adalah salah satu perawatan yang paling bermanfaat untuk gatal-gatal kronis. Seorang dokter memberikannya melalui suntikan subkutan tepat di bawah permukaan kulit. Suntikan harus diulang setiap dua hingga empat minggu. Biasanya, efek samping dari obat ini termasuk mual, batuk, sakit kepala, nyeri sendi, dan pembengkakan tenggorokan, sinus, atau hidung. Dalam kasus yang jarang terjadi, obat ini juga dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah, demam, sakit otot, dan masalah jantung. Setiap efek samping serius ini harus segera dilaporkan.

Home remedies

Selain obat-obatan, obat rumahan dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit, dan ini sangat membantu untuk pasien dengan gatal-gatal akut atau ringan. Mengenakan pakaian longgar membuat kain tidak menyentuh kulit dan bisa mengurangi rasa sakit. Menggunakan kompres dingin atau kompres es juga dapat mengurangi pembengkakan dan menenangkan kulit. Mandi dengan air dingin juga berguna untuk menghilangkan rasa sakit. Gel lidah buaya adalah obat rumahan yang dipercaya memiliki efek menenangkan bagi gatal-gatal. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan oatmeal koloid dapat menghentikan rasa gatal dan mengurangi peradangan kulit pada area kecil. Oatmeal koloid adalah oatmeal yang sangat halus yang ditempatkan dalam suspensi cair atau gel. Ini tersedia dalam lotion dan formulasi khusus untuk mandi. Beberapa ahli percaya terapi pengobatan komplementer seperti meditasi, latihan pernapasan dalam, dan relaksasi otot progresif dapat membantu mengurangi rasa sakit yang mungkin timbul dari gatal-gatal. Untuk gatal-gatal yang disebabkan oleh makanan, obat-obatan, atau gigitan serangga, menghindari pemicu sangat penting untuk menjaga pembengkakan dan rasa sakit meningkat dan untuk menghindari pembentukan sarang baru.

Pengontrol Protein Darah

Pengontrol protein darah adalah kelas obat lain yang dapat digunakan untuk pasien urtikaria yang tidak dapat menghilangkan gejala mereka dengan metode yang lebih konservatif. Untuk pasien-pasien ini, doxepin antidepresan mungkin bermanfaat dalam menghilangkan rasa gatal dan nyeri. Doxepin harus diperoleh melalui dokter dan dikenal sebagai antidepresan trisiklik dan membantu menyeimbangkan neurotransmiter tertentu di otak. Obat ini dapat menyebabkan mulas, konstipasi, sakit mata atau masalah penglihatan, sakit perut, detak jantung yang cepat atau perubahan irama jantung, dan masalah dengan buang air kecil. Pasien yang minum obat ini perlu sering dipantau oleh dokter mereka dan harus melaporkan masalah apa pun.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »